Sunyono, Sunyono and Yuanita, Leny and Muslimin, Ibarhim (2013) KETERKAITAN MODEL MENTAL MAHASISWA DENGAN PENGUASAAN KONSEP STOIKIOMETRI SEBELUM DAN SESUDAH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL SiMaYang. In: Seminar Nasional Pendidikan Sains, 2013., 19 Januari 2013, Universitas Negeri Surabaya.

[img] Text
OK_Prosiding Semnas Unesa_2013 Sunyono.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://docplayer.info/32325149-Keterkaitan-model-...

Abstract

Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana keterkaitan antara model mental dengan penguasaan konsep mahasiswa pada topik Stoikiometri melalui pembelajaran dengan menggunakan model SiMaYang? Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest and posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Lampung yang mengambil mata kuliah Kimia Dasar di semester genap 2012/2013. Sampel penelitian ditentukan secara acak untuk mendapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran SiMaYang dapat meningkatkan penguasaan konsep stoikiometri mahasiswa dengan skor N-Gain = 0,63 atau kategori “sedang”. Pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional skor N-Gain peningkatan penguasaan konsep stoikiometri mahasiswa sebesar 0,43 atau berkategori “sedang”. (2) Model pembelajaran SiMaYang dapat menumbuhkan model mental stoikiometri mahasiswa dengan kategori “sedang” (skor N-Gain = 0,56) yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang pembelajarannya dilakukan dengan model konvensional memiliki skor = 0,22 atau kategori “rendah”. (3) Keterkaitan antara model mental mahasiswa dengan penguasaan konsep pada topik stoikiometri cukup kuat. Dalam hal ini, model mental mahasiswa dapat mempengaruhi penguasaan konsep stoikiometri mahasiswa, begitu juga penguasaan konsep sebelumnya dapat membantu mahasiswa dalam menumbuhkan model mentalnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: SUNYONO
Date Deposited: 04 Aug 2020 01:54
Last Modified: 04 Aug 2020 01:54
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/23499

Actions (login required)

View Item View Item