Junaina, Junaina and Herpratiwi, Herpratiwi and Sunyono, Sunyono (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN KERANGKA IFSO TERHADAP PENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP IKATAN KIMIA SISWA. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, 1 (8). pp. 1-15. ISSN 0216-0587

[img]
Preview
Text
Jurnal 12_Junaina_TIKOPENDIK_2013.pdf

Download (305kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JT/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan model mental, peningkatan penguasaan konsep, karakteristik model mental yang tergali, dan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dan pembelajaran ekspositori pada konsep ikatan kimia. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Way Lima, Pesawaran dengan populasi sebanyak 68 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui: tes model mental, tes penguasaan konsep, dan angket. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji One Way Anova dan t-Test. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) peningkatan model mental siswa setelah mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dengan N-Gain 0,45 lebih tinggi dibandingkan 2 dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori dengan N-Gain 0,36; (2) peningkatan penguasaan konsep siswa setelah mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dengan N-Gain 0,50 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori dengan N-Gain 0,34; (3) karakteristik model mental siswa yang tergali setelah mengikuti pembelajaran kerangka IFSO sebagian besar terdeskripsi sebagai model mental ilmiah dan model mental konsensus, sedangkan setelah mengikuti pembelajaran ekspositori sebagian besar terdeskripsi sebagai model mental konsensus dan model mental alternatif; (4) pembelajaran kerangka IFSO mendapatkan respon positif yang berkriteria sangat tinggi dibandingkan pembelajaran ekspositori yang mendapat respon positif dengan kriteria tinggi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: SUNYONO
Date Deposited: 02 Aug 2020 19:40
Last Modified: 02 Aug 2020 19:40
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/23482

Actions (login required)

View Item View Item