Nurhayati, Nurhayati and Sunyono, Sunyono and Jalmo, Tri (2017) Efektivitas Iklim Kelas Berbasis Koopertif untuk Meningkatkan Model Mental dan Penguasaan Konsep. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (3). pp. 1-13. ISSN 2302-0105
|
Text
Jurnal 2017_5_J.Fisika.pdf Download (470kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas iklim kelas Berbasis kooperatif untuk meningkatkan model mental dan penguasaan konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pree-post test dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2016-2017 di SMPN 31 Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi untuk kemampuan guru dalam pembelajaran dan aktifitas siswa, angket untuk respon siswa. Data model mental dan penguasaan konsep diperoleh dengan test. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklim kelas yang digunakan memiliki: Keefektifitasan yang tinggi dari kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran, aktifitas siswa dan respon siswa, model mental siswa yang dapat ditingkatkan kearah model mental “baik” dan “baik sekali”, penguasaan konsep siswa meningkat dengan n-Gain berkatagori “sedang”.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan IPA |
Depositing User: | SUNYONO |
Date Deposited: | 02 Aug 2020 19:40 |
Last Modified: | 02 Aug 2020 19:40 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/23480 |
Actions (login required)
View Item |