Hidayatullah, Riyan (2020) KREATIVITAS DALAM PENDIDIKAN MUSIK: BERPIKIR DIVERGEN DAN KONVERGEN. Musikolastika, 2 (1). pp. 1-7. ISSN 2657-0599

[img] Text
32 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26kB)
[img] Text
Hidayatullah - 2020 - Kreativitas dalam Pendidikan Musik.pdf

Download (301kB)
Official URL: http://musikolastika.ppj.unp.ac.id/index.php/musik...

Abstract

Musik merupakan hasil dari pemikiran dan proses kreatif. Karya musik diciptakan melalui ide-ide baru kepada penikmatnya. Dalam konteks pendidikan musik, kreativitas merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran musik. Strategi pembelajaran didasaran pada pemikiran untuk memancing peserta didik menumbuhkan ide-ide (divergen) dan mencari solusi (konvergen). Artikel ini mempersepsikan kreativitas sebagai sebuah alat berpikir dalam konteks pendidikan musik. Literature review digunakan sebagai metode untuk melakukan identifikasi mendalam dan kritis terhadap penelitian sebelumnya (Aveyard, 2014). Kreativitas memberikan nilai pada kualitas pembelajaran musik melalui aktivitas berpikir yang dinamis. Mengaransemen, berimprovisasi dalam materi musik tertentu (seperti jazz), dan secara teratur mempraktikkan sight-reading adalah pola belajar yang berlandaskan kreativitas. Musik dapat dilibatkan dalam proses pembelajaran untuk membangkitkan gairah dalam belajar musik (lihat: Ritter & Ferguson, 2017). Kata kunci: Kreativitas, pendidikan musik, berpikir divergen dan konvergen

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, pendidikan musik, berpikir divergen dan konvergen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: Riyan Hidayatullah
Date Deposited: 30 Jun 2020 04:52
Last Modified: 30 Jun 2020 04:52
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/22891

Actions (login required)

View Item View Item