Kreativitas dalam Pendidikan Musik
Berpikir Divergen dan Konvergen
Keywords:
Kreativitas, Pendidikan Musik, Berpikir Divergen, Berpikir Konvergen
Abstract
Musik merupakan hasil dari pemikiran dan proses kreatif. Karya musik diciptakan melalui ide-ide baru kepada penikmatnya. Dalam konteks pendidikan musik, kreativitas merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran musik. Strategi pembelajaran didasaran pada pemikiran untuk memancing peserta didik menumbuhkan ide-ide (divergen) dan mencari solusi (konvergen). Artikel ini mempersepsikan kreativitas sebagai sebuah alat berpikir dalam konteks pendidikan musik. Literature review digunakan sebagai metode untuk melakukan identifikasi mendalam dan kritis terhadap penelitian sebelumnya (Aveyard, 2014). Kreativitas memberikan nilai pada kualitas pembelajaran musik melalui aktivitas berpikir yang dinamis. Mengaransemen, berimprovisasi dalam materi musik tertentu (seperti jazz), dan secara teratur mempraktikkan sight-reading adalah pola belajar yang berlandaskan kreativitas. Musik dapat dilibatkan dalam proses pembelajaran untuk membangkitkan gairah dalam belajar musik (lihat: Ritter & Ferguson, 2017)
Published
2020-06-20
How to Cite
Hidayatullah, R. (2020). Kreativitas dalam Pendidikan Musik. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(1), 1 - 7. https://doi.org/10.7592/musikolastika.v2i1.32
Section
Articles
Copyright (c) 2020 Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.