Khotimah, Khusnul and Yunarti, Tina (2019) Deskripsi Self-Efficacy Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Pembelajaran Socrates Saintifik. Limacon: Journal of Mathematics Education, 1 (1). pp. 18-27. ISSN 2686-2549
|
Text
Khusnul Khotimah.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan self-efficacy berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran Socrates saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang self-efficacy berpikir kritis matematis siswa yang diperoleh melalui lembar skala self-efficacy, lembar observasi, wawancara, dan jurnal. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa self-efficacy berpikir kritis matematis siswa yang dominan muncul pada saat pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Socrates Saintifik adalah merasa berminat, optimis dan yakin dalam dimensi magnitude/level, meningkatkan upaya dalam dimensi strength, dan berpedoman pada pengalaman belajar sebelumnya dalam dimensi generality.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | TINA YUNAR |
Date Deposited: | 10 Jun 2020 07:29 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 07:29 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/22193 |
Actions (login required)
View Item |