Danardono, Aditio and Rudibyani, Ratu Betta and Emmawaty Sofia, ES Efektivitas Media E-Book untuk Meningkatkan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (3). pp. 495-508. ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
19067-45784-1-PB.pdf Download (756kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggunakan media e-book untuk meningkatkan keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Efektivitas media e-book diukur menggunakan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen keterampilan metakognisi maupun penguasaan konsep siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa yang menggunakan media e-book berbeda secara signifikan dengan rata-rata nilai n-Gain yang tidak menggunakan media e-book. Maka penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa dapat ditingkatkan secara efektif dengan pembelajaran menggunakan media e-book. Keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep titrasi asam basa berpengaruh “besar” pada pembelajaran dengan media e-book. Kata kunci: e-book, metakognisi, penguasaan konsep, titrasi asam basa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | EMMAWATY S |
Date Deposited: | 18 May 2020 05:36 |
Last Modified: | 18 May 2020 05:36 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19934 |
Actions (login required)
View Item |