Sunyono, Sunyono (2015) MODEL PEMBELAJARAN MULTIPEL REPRESENTASI. Pembelajaran Empat fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi, Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi. In: MODEL PEMBELAJARAN MULTIPEL REPRESENTASI. Pembelajaran Empat fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi, Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi. Referensi . Media Akademi, Ruko Jambusari 7A - Yogjakarta 55283, i-106. ISBN 978-602-73658-2-7
|
Text
Model Pembelajaran Multipel Representasi_OK.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Buku yang berjudul Model Pembelajaran Multipel Representasi ini merupakan buku hasil penelitian pengembangan yang telah penulis Iakukan sejak Tahun 2009 hingga Tahun 2014. Pengembangan model pembelajaran tersebut didasarkan atas teori belajar konstruktivisme, teori pemerosesan informasi, teori duel coding, dan teori Schonborn—Anderson. Model pembelajaran ini dikembangkan dengan cara mengintegrasikan kerangka pembelajaran lF'-SO dengan teori Schonborn Anderson. Tujuannya adalah untuk membelajarkan konsep-konsep sains yang bersifat abstrak melalui interkoneksi' diantara tiga level fenomena sains (makro, mikro, dan simbolik), sehingga dapat membantu siswa/mahasiswa dalam mengoptimalkan potensi imajinasi untuk membangun model mental, keterampilan berpikir tingkat tinggi, metaphor, menumbuhkan efikasi diri yang tinggi, dan meningkatkan penguasaan konsep. Model Pembelajaran yang dikembangkan tersebut memiliki sintak 4 fase dengan 5 kegiatan (5-Si) yaitu: Orientasi, Ekspolrasi - Imajinasi, Internalisasi, dan Evaluasi, yang selanjutnya dinamakan Model Pembelajaran Si-Lima Layang-Layang atau disingkat SiMaYang. Model Pembelajaran SiMaYang tersebut memiliki ciri kolaboratif, kooperatif, dan imajinatif
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SUNYONO |
Date Deposited: | 23 May 2019 07:18 |
Last Modified: | 23 May 2019 07:18 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/13108 |
Actions (login required)
View Item |