Tania, Lisa (2018) Efektivitas POE untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Luwes Siswa pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7 (2). ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
15498-34795-1-PB.pdf - Published Version Download (365kB) | Preview |
Abstract
This research was aimed to describe the effectiveness of acid base topic. This research used quasi experiment method with non equivalent control group design. All of students in the 11th grade of XI IPA 2, and XI IPA 4 at SMA Negeri in Bandar Lampung for 2017/2018 academic year were taken as samples of this research by using cluster random sampling. After the learning, the average n-Gain in experimental class was obtained 0.61. Based on t-test the value sig 0.000 its noun significant different, it was known that the learning by using POE learning model was effective in increasing flexibility thinking ability of students on Acid Base topic. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas kemampuan berpikir luwes siswa melalui model pembelajaran POE pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Semua siswa di kelas XI IPA 2, dan XI IPA 4 SMA Negeri di Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 diambil sebagai sampel pada penelitian ini dengan menggunakan cluster random sampling. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh rata-rata n-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,61. Berdasarkan uji t nilai sig 0,000 berarti terdapat perbedaan yang signifikan, diketahui bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran POEefektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir luwes siswa pada materi asam basa. Kata Kunci: asam basa, kemampuan berpikir kreatif, model pembelajaran POE
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | LISA TANIA |
Date Deposited: | 04 Nov 2018 13:27 |
Last Modified: | 04 Nov 2018 13:27 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/9469 |
Actions (login required)
View Item |