., Mardiana and Muhammad, Meizano Ardhi and Wijaya, Toni (2017) MOBILE APPLICATION CINTABAHARI SEBAGAI SARANA PROMOSI POKDARWISPULAU PAHAWANG LAMPUNG. SAKAI SAMBAYAN, Vol 1 (3). pp. 96-103. ISSN e-ISSN 2550-1089

[img] Text
24 - Published Version

Download (3kB)
Official URL: http://jss.lppm.unila.ac.id

Abstract

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah kelembagaan informal yang dibentuk oleh anggota masyarakat dan merupakan salah satu unsur pemangku kepentingan yang memiliki peran dalam mengembangkan dan mewujudkan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di daerahnya. PokdarwisCinta Bahari dibentuk oleh aparat Desa Pulau Pahawang Lampung pada tahun 2013. Akan tetapi rendahnya tingkat pendidikan anggota Pokdarwismembuat mereka sangat sulit untuk dapat mengembangkan potensi wisata pulau Pahawang secara optimal hingga saat ini. Solusi yang ditawarkan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Unila, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam bentuk aplikasi mobile (mobile application) memberikan ruang baru dalam menjangkau calon wisatawan. Perangkat aplikasi ini dikembangkan dan dimanfaatkan untuk menampilkan informasi secara interaktif sehingga memungkinkan masyarakat calon wisatawan dapat mengakses informasi secara langsung dengan lebih mudah, tepat guna, dan sesuai kebutuhan. Selain itu Tim PKM juga memberikan pelatihan dan praktek tentang penggunaan aplikasi mobile tersebut, bagaimana cara membuat konten/ mengelola konten aplikasi agar selalu update dan terpelihara. Pelatihan lain yang diberikan adalah berupa ketrampilan berkomunikasi dan melakukan pemasaran yang effektif kepada wisatawan dengan menggunakan alat bantu promosi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM adalah berupa adanya aplikasi mobile CintaBahari, adanya alat bantu promosi seperti video profile, brosur, iklan yang dapat digunakan untuk promosi pariwisata. Selain itu bagi PokdarwisPulau Pahawang, adanya peningkatan pengetahuan pengelolaan konten aplikasi, pengetahuan cara membuat alat bantu promosidan pengetahuan teknik berkomunikasi. Dari data kunjungan wisatawan yang diperoleh selama satu bulan setelah adanya aplikasi dan alat bantu promosi lainnya, terdapat peningkatan kunjungan wisatawan walaupun belum cukup tinggi (hanya 5%). Namundemikian terdapat potensi peningkatan kunjungan wisatawan yang lebih tinggi lagi dengan ketersediaan alat bantu promosi ini yang diharapkan berdampak langsung pada peningkatan omzet bagi Pokdarwis. Kata kunci:Aplikasi mobile, CintaBahari, Pokdarwis, Pahawang, Wisata Bahari

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: MARDIANA
Date Deposited: 26 Jun 2018 08:03
Last Modified: 26 Jun 2018 08:03
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/7822

Actions (login required)

View Item View Item