Lintang S, Adinda Ayu and Oktaria, Dwita (2017) Peranan Pendekatan Belajar dalam Pendidikan Kedokteran. Jurnal Agromedicine, 4 (2). pp. 342-347. ISSN 2346-332x

[img]
Preview
Text (Article review)
Adinda Ayu - Dwita Oktaria.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
Official URL: http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/agro/...

Abstract

Mahasiswa kedokteran belajar menggunakan kurikulum berbasis kompetensi dengan metode pembelajaran berdasarkan masalah (problem-based learning/PBL). Metode ini adalah metode yang lebih berfokus pada mahasiswa (student-centered) sehingga peran mahasiswa lebih aktif dibandingkan dengan dosen. Dalam PBL, mahasiswa akan berdiskusi dalam kelompok belajar kecil untuk memecahkan masalah yang sesuai dengan topik yang sedang dipelajari. Namun, tidak semua mahasiswa dapat mengadopsi metode pembelajaran ini karena setiap individu memiliki pendekatan pembelajaran yang berbeda-beda.Konsep pendekatan belajar telah banyak diteliti karena berhubungan dengan tingkat pemahaman dan hasil belajar mahasiswa. Pendekatan belajar dapat digolongkan menjadi tiga, antara lain pendekatan belajar mendalam (deep learning approach), dangkal (surface learning approach) dan strategic/achieving approach.Pendekatan belajar mendalam merupakan pendekatan belajar terbaik yang disarankan untuk digunakan dalam proses belajar bagi mahasiswa kedokteran. Dalam pendekatan ini, mahasiswa membaca dan memahami topik secara mendalam untuk memenuhi keingintahuannya akan pengetahuan. Pada pendekatan dangkal, mahasiswa hanya belajar sesuai dengan materi yang diperlukan karena takut tidak dapat menjawab pertanyaan dan gagal dalam ujian. Sedangkan, mahasiswa dengan strategic/achieving approachlebih berfokus pada kompetisi dan keinginan untuk mencapai nilai terbaik. Berbagai faktor mempengaruhi pendekatan belajar mahasiswa kedokteran sehingga tidak semua mahasiswa mampu mengadopsi pendekatan belajar mendalam. Konsep pendekatan belajar mendalam sebaiknya diajarkan dan dapat diimplementasikan oleh mahasiswa kedokteran agar menjadi dokter yang lebih berkualitas.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter
Depositing User: DWITA OKTA
Date Deposited: 21 Jun 2018 01:38
Last Modified: 21 Jun 2018 01:38
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/7387

Actions (login required)

View Item View Item