Putri, Pertiwi Permata and Sukohar, Asep and Wahyudo, Riyan and Lisiswanti, Rika (2018) Hubungan Hasil Tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory 2 (MMPI-2) dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority, 7 (2). pp. 136-143. ISSN 2337-3776
|
Text
1865-2584-1-PB.pdf Download (691kB) | Preview |
Abstract
Masalah kesehatan mental sering terjadi pada mahasiswa, terutama pada mahasiswa kedokteran. Penilaian kesehatan mental pada mahasiswa kedokteran sangat penting dilakukan, salah satunya dengan menggunakan tes MMPI-2. Beberapa penelitian menyatakan bahwa faktor kesehatan mental dapat mempengaruhi hasil belajar. Salah satu indikator hasil belajar pada mahasiswa adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil tes MMPI-2 dengan IPK pada mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional yang menggunakan 168 sampel penelitian. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu hasil tes MMPI-2 dan data IPK mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung yang didapatkan secara langsung dari subyek penelitian. Hasil uji Kruskal-Walis menunjukkan adanya hubungan bermakna antara hasil tes MMPI-2 dengan IPK mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (p=0,000). Hasil uji Post Hoc Mann Whitney menunjukkan perbedaan rerata IPK paling signifikan antara kelompok hasil tes MMPI-2 kategori A dan kategori E (p=0,000). Terdapat hubungan bermakna antara hasil tes MMPI-2 dengan IPK mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata kunci: Hasil Belajar, IPK, Kesehatan Mental, MMPI-2
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Dr. ASEP SUKOHAR |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 06:32 |
Last Modified: | 04 Jun 2018 06:32 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6996 |
Actions (login required)
View Item |