Fihartini, Yuniarti (2017) PENGARUH FAKTOR EXTERNAL TRIGGER CUES, IMPULSE BUYING TENDENCY, INTERNAL CUES, DAN NORMATIVE EVALUATION TERHADAP ONLINE IMPULSE BUYING DI BANDAR LAMPUNG. Prosiding Penelitian: Seminar Nasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. pp. 386-395. ISSN 978-602-5548-14-7
|
Text
PUBLIKASI-Prosiding Penelitian FEB UNILA-DES-2017.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Awalnya pembelian online (online shopping) membentuk perilaku konsumen untuk melakukan pembelian secara rasional, namun faktanya konsumen tidak bersikap rasional dan logis dalam memutuskan pembeliannya. Konsumen sering kali melakukan pembelian tidak terencana, tanpa niat, spontan, reflek, tiba-tiba, dan otomatis yang biasa disebut impulse buying. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui pengaruh variabel external trigger cues, impulse buying tendency, internal cues, dan normative evaluation terhadap online impulse buying di Bandar Lampung, menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling dan teknik purposive sampling terhadap para konsumen di Bandar Lampung yang pernah melakukan pembelian impulsif secara online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien regresi External Trigger Cues, Impulse Buying Tendency, dan Internal Cues bernilai positif dan signifikan. Artinya bahwa adanya pemicu eksternal yang datang dari pemasar, kepribadian seorang konsumen untuk cenderung melakukan pembelian impulsif, serta keadaan emosional/suasana hati seorang konsumen dapat mendorongnya untuk melakukan online impulse buying. Sementara koefisien regresi variabel Normative Evaluation bernilai negatif dan signifikan, yang artinya bahwa adanya penilaian/evaluasi konsumen mengenai kesesuaiannya dalam mengambil keputusan pembelian pada situasi tertentu akan mengurangi bahkan menggagalkan pengambilan keputusannya untuk melakukan online impulse buying. Kata Kunci: Online Impulse Buying, External Trigger Cues, Impulse Buying Tendency, Internal Cues, Normative Evaluation
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen |
Depositing User: | S.E.,M.Si. Yuniarti Fihartini |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 03:50 |
Last Modified: | 26 Apr 2018 03:50 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6359 |
Actions (login required)
View Item |