Riswandi, Riswandi and ARIF, SUPARMAN (2014) MODEL PENGEMBANGAN GURU UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL BERBASIS PEMBENTUKAN KARAKTER BAGI GURU SD. Jurnal Pendidikan Progresif, 4 (2). pp. 203-214. ISSN 2087-9849

[img]
Preview
Text
Scan_JPP.pdf

Download (880kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/index

Abstract

Abstrak: tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pengembangan peningkatan kompetensi profesional guru dan model pengembangan pembentukan karakter guru. Kedua model ini dijadikan satu kesatuan yang terintegrasi dan bersinergis. Model pengembangan peningkatan kompetensi profesional guru terdiri dari empat tahap, yaitu analisis kebutuhan, tahap perencanaan, tahap pengkondisian pengembangan, dan tahap pelaksanaan. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R & D) yang merujuk kepada Gall and Borg. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu diperoleh dari angket dan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data penelitian menggunakan terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah produk yang berupa dua rancangan/prototipe model terintegrasi yang digabung menjadi satu, yaitu (1) model pengembangan peningkatkan peningkatan kompetensi profesional guru, dan (2) model pengembangan pembentukan karakter guru. Kata kunci: pengembangan model pembelajaran, kompetensi profesional, pembentukan karakter guru. Abstract: the purpose of this study was to develop the improvement of teachers’ professional competence development model and teachers’ character building development model. Both models are used as a whole which were integrated and synergic. Development model of teachers’ professional competence improvement consisted of four stages, namely need analysis, planning, developing, and implementing. The research method used was researdh and development (R & D) that refers to Gall and Borg. Data collection technique in theis study was abtained from the questionnaire and the data was collected through observation, interviews, and data analysis document of the researchers used the three ways of activities which are occurred simultaneously, namely data reduction, data display and drawing conclusion or veryfication. The results of this study were in the form of two designs product/prototype of integrated models which are merged into one, namely (1) development model of teachers’ professional competence improvement, and (2) teachers’ character building development model.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: RISWANDI DR., M.PD
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:49
Last Modified: 26 Apr 2018 03:49
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6356

Actions (login required)

View Item View Item