Riswandi, Riswandi (2015) Pelatihan Manajemen Sekolah Sebagai Upaya Untuk Menciptakan Sekolah Efektif Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Tanggamus. Tarbiyah (Jurnal Kependidikan dan Keislaman), 22 (1). pp. 45-64. ISSN 0845-2627

[img]
Preview
Text
Tarbiyah.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Salah satu upya untuk menciptakan sekolah efektif di Sekolah Dasar adalah dengan melaksanakan manajemen sekolah secara komprehensif dan menyusun rencana pengembangan program kerja sekolah. Oleh karena itu, tujuan kegiatan pengabdian ini adalah agar peserta memiliki wawasan dan pemahaman yang baik dan benar tentang ruang lingkup manajemen sekolah dalam rangka untuk mencapai sekolah efeketif dan menyusun rencana pengembangan program sekolah. Tahap pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan adalah dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode kegiatan pengabdian yang dilaksanakan adalah ceramah dan tanya jawab, tutorial dan pendampingan, penugasan dan diskusi, serta praktik. Hasil pretest peserta yang berkaitan dengan pengetahuan dan pemahaman menunjukkan masih rendah, sedangkan yang berkaitan dengan keterampilan cukup. Hasil pretest juga menunjukkan lima orang peserta memperoleh nilai rendah, 35 orang memperoleh nilai sedang, 10 orang mendapat nilai baik. Setelah dilaksanakan kegiatan, hasil postest hasil yang diperoleh peserta terjadi kenaikan. Hasil kegiatan ini menyimpulkan (1) penguasaan peserta terhadap materi tentang ruang lingkup manajemen sekolah terjadi peningkatan, baik yang berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan, dan (2) terjadi peningkatan kemampuan pemahaman dan keterampilan tentang menyusun rencana pengembangan program sekolah mendapat nilai baik setelah mengikuti pelatihan yang mana sebelumnya memperoleh nilai cukup. Abstract: One effort to create effective schools at the elementary school is to implement a comprehensive school management and development plans of school work program. Therefore, th purpose of this service activity is for participants to have an insight and understanding of good and right about the scope of school management in order to achieve effective schools and school program development plan. Phase implemented activities carried out is to do the planning, implementation, and evaluation. Service activities implemented method is lecture and question and answer, tutorial and mentoring, assignments and discussions, as well as practice. Pre-test results the participants with regard to the knowledge and understanding of the show is still low, while the related skills enough. Pre-test results also showed five participants receive low grades, 35 were scored, and 10 people got good score. Onece implemented activities, the results obtained by the participants post-test an increase. Results of thes activities conclude (1) mastery of the material participants about the scopeof school management improvements, both with regard to knowledge and skills, and (2) an increase in the ability of understanding and skills about hte school program development plan got good grades ofter attending training where previously abtained sufficent value.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: RISWANDI DR., M.PD
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:48
Last Modified: 26 Apr 2018 03:48
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6299

Actions (login required)

View Item View Item