Herlina, Kartini and Widodo, Wahono and Nur, Mohamad and Agustini, Rudiana (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “ExPRession” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING: SECARA NUMERIK DAN SECARA EKSPERIMEN. In: Seminar Nasional Pendidikan Kimia 2016, 3 November 2016, Universitas Tadulako.
|
Text
Kartini Herlina Compress.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Makalah ini menyajikan hasil penelitian tentang penerapan model pembelajaran “ExPRession” dalam meningkatkan kemampuan problem solving mahasiswa baik secara eksperimen maupun secara numerik. Model pembelajaran ?ExPRession” terdiri dari 5 fase pembelajaran, yaitu; orientasi, ekspresi, investigasi, solusi, dan ecaluasi. Subjek penelitian adalah 16 orang mahasiswa Pendidikan Fisika di Universitas Lampung yang sedang menempuh matakuliah optika. Kemapuan problem solving mahasiswa diamati melalui solusi tertulis mereka dalam bebagai format representasi soa dan diukur menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Docktor (2009) berupa rubrik penilaian untuk mengukur proses penyelesaian masalah yang diamati dalam solusi tertulis masing-masing mahasiswa. Rubrik terdiri dari kategori deskripsi (a) Useful description, (b) Physics Approach, (c) Specific Application of Physics, (d) Mathematical Procedures, dan (d) Logical Progression. Kemampuan problem solving mahasiswa dalam melakukan eksperimen diamati pada aspek a) memahami masalah, merumuskan masalah, dan merencanakan solusi. Berdasarkan hasil ini, model pembelajaran “ExPRession” efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan problem solving mahasiswa baik secara numerik maupun secara eksperimen. Kata kunci : kemampuan problem solving, model pembelajaran ExPRession
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Fisika |
Depositing User: | KARTINI HE KH |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 03:50 |
Last Modified: | 25 Apr 2018 03:50 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5867 |
Actions (login required)
View Item |