Suyanto, Edi and Rudibyani, Ratu Betta and Nyeneng, I Dewa Putu and Kadaryanto, Budi and Rusman, Tedi and Iskandarsyah, Iskandarsyah and Jalil, Arnelis and Jalmo, Tri and Sudarmi, Sudarmi (2011) Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan SMA di Kabupaten Tulang Bawang dan Mesuji Tahun Anggaran 2011. FKIP Universitas Lampung. (Unpublished)
Text
Edi_S.dkk_DP2M_2011.pdf Download (929kB) |
Abstract
Abstrak Ujian Nasional (UN) untuk mengukur keberhasilan pendidikan secara nasioanl. Oleh karena itu, perlu dianalisis sejauh mana kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal UN dan mutu proses pembelajaran harus selalu ditingkatkan dari waktu ke waktu. Rendahnya ketercapaian SK/KD untuk tiap-tiap mata pelajaran yang di-UN-kan kepada siswa merupakan masalah dalam penelitian ini yang sesegera mungkin harus diatasi, termasuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab dan alternatif pemecahannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memetakan kesulitan belajar yang dialami siswa pada setiap pokok bahasan mata pelajaran yang diujikan pada UN dan menentukan tindak lanjut yang diperlukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menelaah hasil UN untuk mencari penyebab kesulitan siswa pada setiap kompetensi dasar mata pelajaran yang di-UN-kan, mengadakan tes kompetensi untuk siswa dan guru mata pelajaran yang diujikan, penyebaran angket, wawancara (kepala sekolah, guru mata Pelajaran yang di-UN-kan, dan komite sekolah), serta menentukan tindak lanjut hasil penelitian. Penelitiam ini dilaksanakan di SMAN 1 Menggala, SMAN 2 Menggala, dan SMA Pembina Menggala di Kabupaten Tulang Bawang; dan SMAN 1 Simpang Pematang, SMAN 1 Tanjung Raya, dan SMA Muhammadiyah 1 Mesuji di Kabupaten Mesuji. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, secara umum hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rerata ketercapaian kompetensi antara Kelompok IPA dan IPS bersifat fluktuatif. Ketercapaian kompetensi tersebut tercermin dari data hasil UN untuk Tahun Pelajaran 2008/2009, 2009/2010, dan 2010/2011. Rerata ketercapaian SK/KD di Kabupaten Tulang Bawang untuk Kelompok IPA: Bahasa dan Sastra Indonesia (26,50; 31,04; dan 26,07), Bahasa Inggris (31,26; 32,45; dan 24,84), Matematika (45,79; 49,31; dan 42,84), Biologi (34,52; 36,64; dan 27,14), Fisika (29,16; 30,22; dan 28,82), dan Kimia (36,75; 27,80; dan 36,58). Selanjutnya untuk Kelompok IPS: Bahasa dan Sastra Indonesia (27,81; 23,84; dan 20,82), Bahasa Inggris (33,79; 25,82; dan 22,32), Matematika (46,58; 49,31; dan 40,49), Ekonomi (36,33; 27,27; dan 43,65), Geografi (33,40; 34,42; dan 42,78), dan Sosiologi (34,72; 33,42; dan 33,06). Rerata ketercapaian SK/KD di Kabupaten Mesuji untuk Kelompok IPA: Bahasa dan Sastra Indonesia (29,33; 33,34; dan 32,33), Bahasa Inggris (32,33; 36,66; dan 28,88), Matematika (45,76; 51,33; dan 48,89), Biologi (36,77; 37,76; dan 32,46), Fisika (32,76; 34,42; dan 31,10), dan Kimia (41,14; 38,77; dan 45,45). Selanjutnya untuk Kelompok IPS: Bahasa dan Sastra Indonesia (26,50; 19,77; dan 36,13), Bahasa Inggris (31,26; 22,33; dan 30,33), Matematika (45,79; 41,46; dan 43,76), Ekonomi (34,52; 29,44; dan 24,52), Geografi (29,16; 29,16; dan 17,76), dan Sosiologi (36,75; 16,17; dan 26,13). Kata kunci: Peta kompetensi belajar siswa, mutu proses pembelajaran, dan alternatif model yang efektif
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Depositing User: | Edi Suyanto |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 06:13 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 06:13 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/54160 |
Actions (login required)
View Item |