Fihartini, Yuni and Prasetyo, Kabul (2017) PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN SISTEM PELACAKAN ON-LINE (WEB TRACE AND TRACKING)TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 13 (3). pp. 185-276. ISSN 1411-9366

[img]
Preview
Text
JBM_Volume_13_No_3_September_2017 (1).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://manajemen.feb.unila.ac.id/publikasi/jbmanaj...

Abstract

Memberikan kepuasan kepada konsumen adalah tujuan utama yang hendak dicapai semua perusahaan melalui produk dan jasanya, untuk itu perusahaan melakukan upaya pemanfaatkan teknologi dengan menghadirkan layanan elektronik sistem pelacakan online (web trace and tracking) yang biasanya digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman dan logistik, serta perusahaan retail online untuk mendukung bisnis intinya dalam rangka memberikan kepastian informasi dan meminimalisir kekhawatiran konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas layanan sistem pelacakan online (web trace and tracking) yang terdiri atas dimensi keandalan/pemenuhan,desain situs web, keamanan/privasi, layanan konsumen terhadap kepuasan konsumen. Analisis data penelitian ini menggunakan regresi liner berganda, dengan sampel sebanyak 100 responden yang diambil dengan metode non probability sampling melalui teknik purposive sampling terhadap konsumen perusahaan jasa pengirimana dan logistik JNE yang pernah pelakukan pengecekan status pengiriman di layanan web trace and tracking JNE. Hasil penelitian menyatakan bahwa empat hipotesis penelitian dapat diterima, artinya bahwa dimensi variabel kualitas layanan sistem pelacakan online (web trace and tracking) yang terdiri dari dimensi keandalan/ pemenuhan, desain situs web, keamanan/privasi, dan layanan konsumen memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dimana keandalan/pemenuhan merupakan dimensi variabel kualitas layanan sistem pelacakan online yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen, sementara desain situs web merupakan dimensi yang memiliki pengaruh paling kecil terhadap kepuasan konsumen yang mengakses layanan sistem pelacakan online (web trace and tracking).

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: S.E.,M.Si. Yuniarti Fihartini
Date Deposited: 16 Nov 2017 04:46
Last Modified: 16 Nov 2017 04:46
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5384

Actions (login required)

View Item View Item