izzatika, amrina and RAPANI, RAPANI and ASTUTI, NELLY (2022) Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Masa Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Kelas IV SDS Tri Sukses. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10 (2). pp. 128-141. ISSN 2715–856X
Text
13441.pdf Download (188kB) |
|
Text
24094 - Published Version Download (25kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik kesusahan belajar matematika dimasa mewabahnya Covid-19. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui faktor kesusahan belajar matematika peserta didik kelas IV SDS Tri Sukses. Metode penelitian pada penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data di analisis mengacu pada data Miles dan Hubberman dengan langkah berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pemicu kesusahan belajar matematika berasal dari faktor internal yaitu kesehatan peserta didik yang tidak optimal, sikap negatif dalam belajar matematika, minat peserta didik, dan motivasi peserta didik masih rendah. Faktor ekternal meliputi pemakaian metode mengajar yang kurang bervariasi, kurangnya pemakaian media pembelajaran, interaksi pendidik dan peserta didik yang kurang dekat serta lingkungan keluarga. Usaha untuk menaggualangi kesusahan belajar matematika ialah guru selalu memberikan motivasi, memberikan pembelajaran secara konstektual atau nyata, meningkatkan minat belajar, dan membantu serta mengajarkan siswa yang mengalami kesusahan belajar matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Amrina Izzatika |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 03:52 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 03:52 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53824 |
Actions (login required)
View Item |