Riswandi, Riswandi and Riswanti, Rini and Surahman, Maman and Izzatika, Amrina (2023) Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Era Society 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2 (2). pp. 104-113. ISSN 2962-6862
Text
10687.pdf Download (310kB) |
Abstract
Era society 5.0 merupakan proses kolaboratif pada teknologi yang menjadi kekuatan bagi setiap manusia untuk menjalankan berbagai aktivitas. Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan serta kesiapan kepala sekolah yang harus dirancang untuk meningkatkan mutu pendidikan pada era society 5.0 melalui kepemimpinan transformasional. Sehingga target khusus yang dicapai adalah peserta dapat memahami dan melaksanakan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan era society 5.0. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dan target pengabdian yaitu ceramah, brainstorming dan diskusi, bermain peran, serta analisis dokumen. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa skor rata-rata persentase post-test peserta pelatihan adalah 76,21 artinya meningkat jika dibandingkan dengan hasil pre-test peserta yaitu 72,06. Sedangkan rata-rata persentase peningkatan kemampuan peserta pelatihan dari pre-test ke post-test naik sebesar 22%. Kesimpulannya pemahaman kepala sekolah dan guru SDN 4 Sukajawa terhadap pelatihan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah pada era society 5.0 terlaksana dengan baik dan optimal. Implikasi pengabdian ini yaitu kepemimpinan transformasional kepala sekolah harus dipertahankan karena terbukti dapat meningkatkan mutu pendidikan era society 5.0.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Amrina Izzatika |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 03:52 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 03:52 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53820 |
Actions (login required)
View Item |