Pramudiyanti, Pramudiyanti and Rohman, Fatkhur (2023) PBL-Based Student Worksheet To Improve Critical Thinking Ability In Science Learning In Elementary Schools. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 06 (01). pp. 109-124. ISSN 2615-8639
Text
Artikel_Pramudiyanti.pdf Download (606kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendesain student worksheet berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA, menguji kelayakannya, dan identifikasi tanggapan peserta didik dan pendidik pada pemakaian student worksheet. Penelitian ini menggunakan model pengembanan ADDIE. Instrumen yang digunakan ialah lembar validasi, angket tanggapan peserta didik, dan kuesioner respon pendidik. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif berdasarkan skor kriteria. Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata 0,8409 kriteria “tinggi”, validasi ahli bahasa diperoleh rata-rata 0,8036 kriteria “tinggi”, validasi ahli media dengan rata-rata 0,7522 kriteria “cukup tinggi”. Hasil uji coba lapangan diperoleh respon pendidik dengan rata-rata 86% kriteria “sangat baik” dan respon peserta didik dengan rata-rata 85% kriteria “Sangat baik dan Sangat Sesuai”. Selanjutnya diperoleh n-gain dengan skor 0,7 kategori “sedang”. Dengan demikian student worksheet yang dikembangkan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Disarankan kepada pendidik untuk mengembangkan student worksheet pada materi lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PRAMUDIYAN Pramudiyanti |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:48 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 03:48 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53594 |
Actions (login required)
View Item |