Setiawati, Santy and Coesamin, M (2024) Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Phytagoras. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 11 (4). pp. 287-298. ISSN e-ISSN : 2715-856X ; p-ISSN : 2338-1183
|
Text
Article Penelitian Januari 2024 (bu Santy).pdf Download (718kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi Teorema Phytagoras. Penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa SMP kelas VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan representasi matematis. Instrumen tes kemampuan representasi matematis yang digunakan sesuai dengan indicator kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indicator representasi matematis yang dikuasai oleh siswa adalah indicator menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis dengan benar, dimana persentase siswa yang dapat menyelesaikan masalah teorema phytagoras sebesar 88,1%. Diperlukan beberapa model pembelajaran dan bahan ajar interaktif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | M COESAMIN |
Date Deposited: | 06 May 2024 02:39 |
Last Modified: | 06 May 2024 02:39 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53448 |
Actions (login required)
View Item |