Daniel, Rinaldi (2022) Pengembangan Aplikasi Permainan Edukasi untuk Mendukung Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 10 (4). pp. 363-368.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text (Full Artikel)
47825-75676677806-1-PB.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[img] Text (Peer Review)
Peer Review Artikel Penelitian Daniel Rinaldi.pdf - Other

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bukti Korespondensi)
Bukti Korespondensi Artikel Penelitian Daniel Rinaldi.pdf - Other

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/index

Abstract

Sekolah Dasar di Indonesia merupakan jenjang pendidikan yang diwajibkan oleh pemerintah untuk diikuti oleh seluruh penduduk Indonesia. Kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar perlu diperhatikan, dikarenakan Sekolah Dasar merupakan jenjang untuk membentuk pribadi siswa dan menjadi dasar kemampuan siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Maka dari itu, prestasi siswa perlu ditingkatkan, dengan meningkatkan motivasi siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, yang dapat dicapai dengan beberapa cara, salah satunya ialah melalui media pembelajaran berbentuk permainan edukasi. Permainan edukasi dikembangkan menggunakan metode Game Development Life Cycle yang berupa infinite runner dengan tambahan stage pengerjaan soal. Dari hasil kuesioner yang dilakukan pada siswa kelas VI SD, pada poin bagian tingkat keseriusan belajar dan poin bagian motivasi menyelesaikan game memiliki nilai rata-rata tertinggi 3,53 yang berarti media permainan edukasi yang dikembangkan dapat memotivasi siswa untuk belajar, sehingga permainan edukasi ini dapat menjadi media tambahan bagi siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Daniel Rinaldi
Date Deposited: 26 Feb 2024 09:37
Last Modified: 26 Feb 2024 09:37
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53265

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item