Daniel, Rinaldi
(2022)
Pengembangan Aplikasi Permainan Edukasi untuk Mendukung Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 10 (4).
pp. 363-368.
Abstract
Sekolah Dasar di Indonesia merupakan jenjang pendidikan yang diwajibkan oleh pemerintah untuk diikuti oleh
seluruh penduduk Indonesia. Kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar perlu diperhatikan, dikarenakan Sekolah
Dasar merupakan jenjang untuk membentuk pribadi siswa dan menjadi dasar kemampuan siswa untuk
melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Maka dari itu, prestasi siswa perlu ditingkatkan, dengan
meningkatkan motivasi siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, yang dapat dicapai dengan
beberapa cara, salah satunya ialah melalui media pembelajaran berbentuk permainan edukasi. Permainan
edukasi dikembangkan menggunakan metode
Game Development Life Cycle yang berupa
infinite runner dengan
tambahan
stage pengerjaan soal. Dari hasil kuesioner yang dilakukan pada siswa kelas VI SD, pada poin bagian
tingkat keseriusan belajar dan poin bagian motivasi menyelesaikan
game memiliki nilai rata-rata tertinggi 3,53
yang berarti media permainan edukasi yang dikembangkan dapat memotivasi siswa untuk belajar, sehingga
permainan edukasi ini dapat menjadi media tambahan bagi siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran.
Available Versions of this Item
-
Pengembangan Aplikasi Permainan Edukasi untuk Mendukung Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. (deposited 20 Feb 2024 11:09)
[Currently Displayed]
Actions (login required)
|
View Item |