Pramudiyanti, Pramudiyanti (2015) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KOGNITIF MAHASISWA PADPEMBELAJARAN BIOLOGI SELMELALUI TEKNIK MENULISKAN PERTANYAAN. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA 2015, 12 September 2015, Bandar Lampung.
|
Text
Analisis Tingkat Berpikir Mhs melalui teknik menuliskan pertanyaan.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada umumnya dalam perkuliahan Biologi Sel, mahasiswa belum memiliki kebiasaan bertanya. Padahal kebiasaan bertanya tersebut menunjukkan bahwa siswa berpikir mendalam mengenai topik yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kognitif mahasiswa melalui pemberian tugas menuliskan pertanyaan. Penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Malang pada semester genap T.A 2014/2015. Metode yang digunakan metode survey. Jumlah mahasiswa 25 orang. Data diperoleh dari dokumen tugas menuliskan pertanyaan dan kuisioner. Pertanyaan yang ditulis oleh mahasiswa dikategorikan menurut taksonomi Bloom yang direvisi. Kuisioner berisi 7 pertanyaan untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai perilaku bertanya selama pembelajaran Biologi Sel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanyaan yang ditulis oleh mahasiswa 75% berkategori berpikir tingkat rendah dan 25% berkategori berpikir tingkat tinggi. Mahasiswa memiliki persepsi bahwa bertanya secara lisan lebih efektif dan tidak menimbulkan kesalahpahaman komunikasi, tetapi melalui menuliskan pertanyaan mahasiswa dapat memikirkan terlebih dahulu pertanyaan yang akan diajukan dan dapat mengatasi rasa takut bertanya. Melalui teknik menuliskan pertanyaan dapat mendorong mahasiswa berpikir mengenai topik yang sedang dipelajari.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PRAMUDIYAN Pramudiyanti |
Date Deposited: | 15 May 2023 06:48 |
Last Modified: | 15 May 2023 06:48 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/51649 |
Actions (login required)
View Item |