Adha, Muhammad Mona and Ulpa, Eska Prawisudawati (2022) Joyfull Learning Activities in Open Classroom Climate to Reduce Students Academic Stress. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12 (2). pp. 11-17. ISSN 2303-2989
|
Text
JURNAL UNLAM JOYFUL LEARNING 2022.pdf Download (248kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa secara tidak langsung dapat menurunkan tingkat stres akademik bagi mereka. Kecemasan siswa yang muncul dalam proses pembelajaran yang dialami siswa di kelas sering muncul dan berdampak pada motivasi belajar. Penelitian kuantitatif ini dilakukan di sekolah-sekolah dengan tingkat aktivitas siswa yang tinggi baik di dalam maupun di luar kelas sehingga menjadi latar belakang penelitian ini untuk melihat tingkat stres akademik dan cara mengatasi masalah tersebut agar siswa kembali belajar dengan senang dan termotivasi. . Pembelajaran yang dibangun dengan melibatkan siswa, komunikasi yang menyenangkan, suasana kelas yang nyaman, dan pola interaksi belajar yang segar dapat mengurangi stres akademik siswa. Situasi pembelajaran yang menarik dapat menarik minat siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran bersama guru dan siswa lainnya. Stres akademik tidak dapat dihindari, kecemasan akibat proses pembelajaran dapat dialami oleh siswa dalam hal nilai, prestasi, kepercayaan diri, proses berpikir dalam konteks tersebut tentunya akan berpengaruh. Artikel ini memberikan kajian yang perlu dipahami oleh guru dan siswa bahwa pola kegiatan yang mendorong antusiasme guru dan siswa dalam berkolaborasi, berkontribusi dalam menciptakan ruang kelas yang meminimalkan stres akademik dan menghilangkan kecemasan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN |
Depositing User: | Mr Muhammad Mona Adha |
Date Deposited: | 16 Apr 2023 02:23 |
Last Modified: | 16 Apr 2023 02:23 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/50573 |
Actions (login required)
View Item |