Sama', Sama' and wahyuni, Annisa wahyuni and Anggraeni, Anastasia dwi Anggraeni and Tonasih, Tonasih and Yoniartani, Desak Made Yoniartani and Amni, Sri Sofiani Amni and Ismarianti, Ismarianti and Pentury, Helda Jolanda Pentury and Pelangi, Inne Pelangi and Widiastuti, Ratna Widiastuti (2021) PSIKOLOGI PENDIDIKAN. In: Psikologi Pendidikan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, Pidie, Aceh, pp. 169-190. ISBN 978-623-97050-5-3

[img]
Preview
Text (BUKU AJAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN)
BUKU AJAR Psikologi Pendidikan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Psikologi pendidikan merupakan sebuah kajian psikologi yang diaplikasikan dalam proses pendidikan, terutama dalam proses pembelajaran termasuk segala yang terlibat dalam proses pembelajaran, upaya memaksimalkan proses pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan, baik tujuan pendidikan nasional, pendidikan institusional maupun instruksional. Psikologi pendidikan membahas tentang siswa selaku peserta didik dengan berbagai macam karkater dalam proses belajar dan guru sebagai pengajar. Tujuan dan fungsi psikologi pendidikan secara umum ialah untuk mengetahui proses interaksi belajar anak dalam kesaharian dan meningkatkan dan mengembangkan serta metode pelajaran dalam situasi tertentu yang sesuai dengan tingkat usia dalam limgkungan pendidikan. Tujuan psikologi pendidikan adalah untuk mempelajari tingkah laku manusia, bagaimana tingkah laku itu tercipta dan bagaimana tingkah laku itu diubah melalui proses pendidikan. Tujuan psikologi pendidikan yaitu untuk menemukan berbagai fakta, generalisasai yang berkaitan dengan pendidikan untuk digunakan dalam melaksanakan proses pembelajran dan pendidikan yang efektif dan efisien. Mempelajari psikologi pendidikan tidak serta merta menjadikan pendidik, calon pendidik menjadi pendidik yang baik. (Mochamad Nursalim, dkk. 2007). Akan tetapi dengan mempelajari psikologi pendidikan pendidik dapat (a) memahami karakteristik peserta didik, (b) pemahaman karakteristik proses belajar mengajar, dan (c) memahami lingkungan sekitar peserta didik untuk dimanfaatkan dalam peningkatan proses dan hasil belajar, sehingga dapat memberikan prinsip-prinsip untuk digunakan dalam membuat keputusan dalam proses pendidikan Psikologi pendidikan memberikan gambaran dan penerapan tentang pengalama-npengalaman belajar seoarang individu sejak dilahirkan sampai usia tua, sehingga pendidik dengan mudah memahami karakter, bakat dan minat peserta didik dan akan lebih bijaksana mendidik dan membimbing anak didiknya dalam proses pembelajaran.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: RATNA WIDI
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:51
Last Modified: 11 Apr 2023 07:51
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/50229

Actions (login required)

View Item View Item