Sutiarso, Sugeng and Coesamin, M and Nurhanurawati, Nurhanurawati (2016) Penggunaan Media Scaffolding pada Pembelajaran Geometri dan Pengaruhnya terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Fakultas MIPA dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung.
|
Text
prosiding FMIPA 2016.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Scaffolding berarti ‘bantuan’; adalah salah satu cara guru membantu siswa kesulitan belajar siswa. Bantuan guru ini tidak bersifat tetap/terus menerus, tetapi bersifat sementara dan dikurangi secara bertahap. Beberapa jenis bantuan guru itu dapat berbentuk ungkapan/lisan, tulisan, atau media (alat peraga, chart, visual, dan lingkungan sekitar). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media scaffolding terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa SD kelas V SDN 1 Gunung Terang, Bandar Lampung. Data dikumpulkan dengan teknik observasi. Teknik observasi dilakukan untuk melihat aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media scaffolding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media scaffolding memberikan pengaruh positif terhadp aktivitas belajar siswa (76,02%).
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | M COESAMIN |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 00:58 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 00:58 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/49975 |
Actions (login required)
View Item |