Sari, Yufita and Asnawati, Rini and Perdana, Ryzal (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 5 (2). pp. 238-250. ISSN 2775-2607

[img]
Preview
Text (Article)
24990-62649-2-PB (1).pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Similarity Text)
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD.pdf - Other

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/E3J/artic...

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 149 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V di SDN Dwikora dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa dengan jumlah sampel 50 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr. Ryzal Perdana M.Pd.
Date Deposited: 03 Apr 2023 00:53
Last Modified: 03 Apr 2023 00:53
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/49491

Actions (login required)

View Item View Item