Ratih Yunita Sari, Ratih and Sudirman, Sudirman and Dedy Supriyadi, Dedy (2015) THE EFFECT OF PQ4R STRATEGY IN READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT. U-JET, 4 (3).

[img] Text (THE EFFECT OF PQ4R STRATEGY IN READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT)
8501 - Published Version

Download (19kB)
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/123/artic...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menginvestigasi apakah ada perbedaan pada pemahaman membaca siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan strategi PQ4R. (2) menemukan aspek membaca manakah yang paling meningkat setelah diajar menggunakan strategi PQ4R. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti menggunakan studi kuantitatif kelas sebagai sampel, melibatkan satu kelas. Instrumen untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes membaca. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada pencapaian pemahaman membaca siswa setelah diajar menggunakan strategi PQ4R. Kemudian, pemahaman kosa kata adalah aspek yang paling meningkat diantara aspek yang lain. Hasil tes hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikan (2- tailed) adalah 0.000 (p<0.05). Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menunjukan bahwa strategi PQ4R dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca di semua aspek terutama dalam aspek memahami kosa kata.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris
Depositing User: Drs DEDDY SUPRIADY M.Pd .
Date Deposited: 16 Nov 2017 03:32
Last Modified: 16 Nov 2017 03:32
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/4897

Actions (login required)

View Item View Item