Kartini, Herlina Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hukum II Newton. Jurnal Inspirasi Pendidikan. ISSN 2549-4147
|
Text
12-2019.pdf Download (543kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada materi hukum II Newton. Penelitian ini menggunakan metode analyze, design, development, implementation, evaluation(ADDIE) menurut Lee and Owens, namun peneliti hanya melakukan sampai tahap development karena telah menjawab tujuan penelitian. Teknik analisis data berupa data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan LKPD yang dikembangkan layak digunakan melalui uji validitas dan uji keterbacaan. Uji validitas terdiri dari uji ahli materi dan desain. Rata-rata skor yang diperoleh pada uji ahli materi dan uji ahli desain sebesar 0,85 dengan kategori validitas sangat tinggi dan 0,86 dengan kategori validitas sangat tinggi. Rata-rata skor pada uji keterbacaan sebesar 0,81 dengan kategori sangat baik. Kriteria dalam memberikan skor diadaptasi dari Ratumanan dan Laurens. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis inukiri terbimbing pada materi hukum II Newton layak digunakan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Depositing User: | KARTINI HE KH |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 02:41 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 02:41 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48284 |
Actions (login required)
View Item |