Nurlaksana eko, Nurlaksana eko (2017) KESANTUNAN BERTUTUR SEBAGAI EKSPRESI KEARIFAN LOKAL PADA MAHASISWA ASING DI UNIVERSITAS LAMPUNG. In: Kegiatan Ilmiah Tingkat Nasional (Kearifan Lokal dalam Dinamika Masyarakat Multikultural), 2 Desember2017, Bandarlampung.
|
Text (Artikel Prosiding)
Proseding Kearifan Lokal ... Multikultural 2 DESEMBER 2017 - NER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam sebuah peristiwa tutur, penutur tidak hanya harus menyampaikan tuturannya secara informatif tetapi juga melakukannya secara santun untuk menjaga hubungan baik dengan mitra tuturnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesantunan dan ketidaksantunan bertutur pada mahasiswa asing di Universitas Lampung. Data diperoleh melalui observasi mendalam dan catatan lapangan terhadap peristiwa tutur yang terjadi dalam kegiatan belajar mahasiswa Darmasiswa Universitas Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesantunan bertutur mahasiswa asing di Universitas Lampung dilakukan dengan menggunakan kesantunan tindak tutur langsung dan kesantunan tindak tutur tidak langsung. Kesantunan dalam tindak tutur langsung dilakukan dengan menggunakan ungkapan penanda kesantunan tolong, maaf, terima kasih, izin (kan), dan boleh (kah). Kesantunan dalam tindak tutur tidak langsung dilakukan dengan dua jenis tuturan, yaitu (1) tuturan deklaratif sebagai ekpresi tindak tutur perintah, permintaan/permohonan, dan penolakan; (2) tuturan interogatif sebagai ekspresi tindak tutur perintah, permintaan, dan penolakan. Di pihak lain, ketidaksantunan bertutur yang terjadi disebabkan oleh tidak dipahaminya bentuk kata atau istilah yang santun dan tidak dipahaminya aspek budaya yang terlibat dalam peristiwa tutur.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | NURLAKSANA EKO RUSMINTO |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 02:35 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 02:35 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48202 |
Actions (login required)
View Item |