Yunita Handiawati, Handiawati and Nurlaksana eko, Nurlaksana eko and Sumarti, Sumarti (2019) KESANTUNAN BERTUTUR DALAM KEGIATAN DISKUSI SISWA KELAS VII SMPN 2 BANDARLAMPUNG. J-Simbol, 8 (1). pp. 1-12. ISSN 2355-4061
|
Text (Artikel)
21134-49703-1-PB.pdf - Published Version Download (562kB) | Preview |
|
|
Text (Uji Turnitin)
Uji Turnitin_KESANTUNAN BERTUTUR DALAM KEGIATAN DISKUSI SISWA KELAS VII SMPN 2 BANDARLAMPUNG.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan bertutur dalam kegiatan diskusi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2019/2020 dan implikasinya terhadap pembelajaran keterampilan berbicara di SMP yang memfokuskan pada kesantunan yang mematuhi dan melanggar maksim-maksim kesantunan, kesantunan bertutur langsung, kesantunan bertutur tidak langsung, dan implikasi kesantunan bertutur dalam kegiatan diskusi. Penaatan dan pelanggaran maksim-maksim kesantunan meliputi maksim kearifan, kedermawanan, pujian, kerendahan hati, kesepakatan, dan simpati. Kesantunan bertutur yang diungkapkan secara langsung ditandai dengan ungkapan penanda kesantunan yakni tolong, mohon, silahkan, mari, ayo, coba, harap, maaf. Kesantunan bertutur tidak langsung diungkapkan dengan tuturan deklaratif (suruhan dan ajakan), dan tuturan interogatif (permohonan, perintah, dan persilahkan). Hasil penelitian kesantunan bertutur dalam kegiatan diskusi siswa yang berupa tuturan dikaitkan dengan pembelajaran keterampilan berbicara di SMPN 2 Bandarlampung dapat dijadian suplemen pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran abad 21.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Depositing User: | NURLAKSANA EKO RUSMINTO |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 01:44 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 01:44 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/47252 |
Actions (login required)
View Item |