Handriyanto, Handriyanto and Adha, Muhammad Mona and Mentari, Ana (2022) Pengaruh Literasi Digital Terhadap Moralitas Peserta Didik. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11 (2). pp. 59-67. ISSN 2541-0954; 2548-1673
|
Text
6751-PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MORALITAS PESERTA DIDIK.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengaruh literasi digital terhadap moralitas peserta didik. Literasi digital adalah kemampuan menggunakan dan memanfaatkan berbagai perangkat digital, untuk lebih berdaya, beretika dan demokratis di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan operasional, pencarian internet, mengevaluasi konten, berkomunikasi dan adakah pengaruh literasi digital terhadap moralitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik dasar dan pendukung dalam pengumpulan data di lapangan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian diketahui bahwa literasi digital memengaruhi moralitas peserta didik, namun literasi digital tidak sepenuhnya dimiliki oleh peserta didik. Hal ini dapat dilihat melalui indikator keahlian operasional (operational skill), pencarian internet (internet searching), evaluasi konten (content evaluation) dan komunikasi (communication) yang peneliti ajukan kepada responden.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN |
Depositing User: | M.pd Ana Mentari |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 01:10 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 01:10 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/47155 |
Actions (login required)
View Item |