Kisno, Kisno and Turmudi, Turmudi and Fatmawati, Nia (2020) PELAKSANAAN PENILAIAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR SELAMA MASA PANDEMI. Martabat JUrnal Perempuan dan Anak, 4 (1). pp. 97-110. ISSN (p): 2581-2076; ISSN (e): 2581-0472

[img]
Preview
Text (Artikel_Penilaian Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi Covid-19)
3205-Article Text-8507-1-10-20200831.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/martabat/...

Abstract

Penilaian merupakan salah satu komponen dalam kegiatan pembelajaran guna mengetahui ketercapaian dan keberhasilan siswa dalam belajar. Sangat penting bagi seorang guru untuk melaksanakan penilaian belajar dalam kondisi apapun sehingga dapat memanfaatkan hasil penilaian tersebut untuk perbaikan dan pencapaian tujuan belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memberikan gambaran mengenai pelaksanaan penilaian dalam pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru sekolah dasar di Lampung pada masa pandemic covid-19, (2) mengetahui kendala dan hambatan guru sekolah dasar di Lampung dalam melaksanakan penilaian matematika pada masa pandemic covid-19. Metode penelitian yang dilakukan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh guru sekolah dasar di Lampung dalam pembelajaran matematika pada masa pandemic cukup dapat terlaksana dengan baik. Meskipun demikian, ditemukan guru mengalami kendala dalam melaksanakan penilaian matematika di masa pandemic covid-19, mulai dari kesulitan menilai pemahaman konseptual matematika siswa hingga pada keputusan menentukan nilai akhir semester di masa pandemi covid-19.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: NIA FATMAWATI
Date Deposited: 12 Jan 2023 09:22
Last Modified: 12 Jan 2023 09:22
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46959

Actions (login required)

View Item View Item