Muhammad Isro'i Subariyanto, MIS and Alben Ambarita, Alben and Dwi Yulianti, DY Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1). pp. 77-92. ISSN 2477-1384

[img]
Preview
Text
document (14).pdf

Download (250kB) | Preview
Official URL: https://e-journal.metrouniv.ac.id/ondex.php/elemen...

Abstract

Penelitian dan pengembangan E-LKPD berbasis discovery learning ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD di Gugus Kartini III Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengembangkan efektivitas E-LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan merujuk pada teori model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket dan soal tes yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil uji kemenarikan, kemudahan, dan kebermanfaatan berturut-turut memperoleh skor 4,05 (kategori menarik), 4,02 (kategori mudah), dan 4,20 (kategori bermanfaat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis discovery learning efektif mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD dengan perolehan nilai N-gain sebesar 0,12 (kategori cukup baik). Kata kunci: E-LKPD, discovery learning, dan berpikir kritis

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: DWI YULIAN
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:18
Last Modified: 25 Nov 2022 01:18
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46829

Actions (login required)

View Item View Item