Nelly, Astuti and MUNCARNO, MUNCARNO and Diah, Mirantika and Victor, Dinnata (2021) HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10 (4). pp. 2971-2878. ISSN ISSN 2089-8703 (Print) Volume 9, No. 1, 2020, 72-85 ISSN 2442-5419 (Online)
|
Text
Upload repo_HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA..pdf Download (347kB) | Preview |
Abstract
Masalah mendasar dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika. Berangkat dari masalah tersebut perlu dilakukan kajian mendalam terkait hal-hal yang memiliki hubungan dengan masalah. Dua hal yang dianggap memiliki hubungan dengan rendahnya hasil belajar matematika peserta didik adalah penggunaan smartphone dan kesiapan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara penggunaan smartphone dan kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ex-postfacto korelasi. Subjek dari penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Wahidin Sudiro Husodo, dengan populasi berjumlah 118 dan sampel berjumlah 54. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koofisien korelasi antara penggunaan smartphone dan kesiapan belajar dengan hasil belajar adalah sebesar 0,515 bertanda positif dengan kriteria cukup kuat. Selanjutnya kontribusi variabel X1 dan X2 dengan Y sebesar 26,52%. Hal itu berarti penggunaan smartphone dan kesiapan belajar secara bersama-sama memberi pengaruh sebesar 26,52% terhadap hasil belajar matematika. Penggunaan smartphone dan kesiapan belajar menjadi variabel yang perlu diperhatikan untuk mencapai pembelajaran daring yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh hasil belajar yang baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Depositing User: | M.Pd NELLY ASTUTI |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 06:20 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 06:20 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46654 |
Actions (login required)
View Item |