Pujiati, P and Rahmawati, Rahmawati and Fanni Rahmawati, Fanni (2022) Fenomena Panic Buying Ditinjau dari Pendidikan Ekonomi Keluarga. ECONOMIC EDUCATION AND ENTERPRENEURSHIP JOURNAL, 5 (2). pp. 329-336. ISSN 2579-5902

[img]
Preview
Text
25855-65114-1-PB puji, rahma, fanni.pdf

Download (477kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/E3J/artic...

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan permasalahan ekonomi yang sangat kompleks yang berdampak buruk bagi kestabilan ekonomi dalam rumah tangga. Permasalahan tersebut muncul akibat adanya kebijakan yang menghambat ruang gerak aktivitas ekonomi masyarakat dan munculnya berbagai macam informasi yang tidak pasti sehingga menimbulkan kepanikan ditengah masyarakat. Kepanikan terjadi terutama pada aktivitas pembelian barang kebutuhan dalam jumlah besar akibat adanya disinformasi yang diterima oleh keluarga khususnya ibu rumah tanga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap fenomena panic buying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode statistic SPSS Versi 26. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 orang responden ibu rumah tangga di Kota Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis pengaruhnya secara parsial dengan Uji SPSS Regresi linier Sederhana. Hasil Uji SPSS menunjukan bahwa thitung sebesar 2,040 dan tingkat signifikansi (sig.) 0,047. Sedangkan ttabel dengan dk = n – 2 = 47 – 2 = 45 dan α = 0,05 diperoleh 1,679. Dengan demikian, thitung > ttabel atau 2,040 > 1,679 dan sig. 0,047 < 0,05, maka bisa disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima denan pengaruh secara parsial antar variabel sebesar 0,307 atau 30,7%, sedangkan sisanya 69,3% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: PUJIATI P
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:27
Last Modified: 14 Nov 2022 03:27
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46571

Actions (login required)

View Item View Item