Nurhanurawati, Nurhanurawati Proses Berpikir Reflektif Siswa Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Taksonomi SOLO. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6 (3). pp. 538-550. ISSN 2549-8495
|
Text
JNPM Fitriani.pdf Download (587kB) | Preview |
Abstract
Siswa sering merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika soal cerita. Pemecahan masalah bangun ruang sisi lengkung memerlukan proses berpikir tingkat tinggi karena dibutuhkan analisis dan pemahaman konsep yang tidak hanya terfokus pada hafalan rumus. Salah satu upaya mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa yaitu menggunakan kemampuan berpikir reflektif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung berdasarkan taksonomi SOLO. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) mereduksi data; (2) menyajikan data, dan (3) menarik kesimpulan. Prosedur dalam penelitian ada tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Subjek dipilih dengan teknik purposive sample. Berdasarkan analisis berpikir reflektif diperoleh tiga kelompok siswa yaitu: (1) siswa kelompok atas; (2) siswa kelompok tengah; dan (3) siswa kelompok bawah. Hasil menunjukkan kelompok atas dapat melakukan proses berpikir reflektif pada semua tahapan pemecahan masalah dan memenuhi level relational dan extended abstrak taksonomi SOLO. Kelompok tengah dapat melakukan proses berpikir reflektif sampai tahap Elaborating dan sampai pada level relational. Kelompok bawah hanya memenuhi fase Reacting dalam proses berpikir reflektif dan hanya sampai level prestuctural.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Nurhanuraw NURHANURAWATI |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 03:26 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 03:26 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46563 |
Actions (login required)
View Item |