Arifaini, Nur and Siregar, Amril Ma'ruf (2020) Kajian Pengaman Tebing Badan Jalan Rel Jalur Ganda dengan Geostudio Slope/W Analysis. Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain (JRSDD), 8 (1). pp. 95-104. ISSN 2303-0011

[img]
Preview
Text
1269-4662-1-PB - yance.pdf

Download (360kB) | Preview
Official URL: https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jrsdd

Abstract

Wilayah pembangunan jalur ganda jalan rel kereta banyak melintasi bukit dan sungai membuat badan jalan rel berada di antara lereng-lereng bukit. Di sekitar daerah tersebut bencana yang sering terjadi yaitu longsoran yang diakibatkan oleh peningkatan tekanan air pori pada lereng yang berakibat pada terjadinya penurunan kuat geser tanah (c) dan sudut geser dalam (φ).Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bentuk potongan melintang lereng yang paling aman dengan mempertimbangkan sudut kemiringan lereng, (2) Mencari nilai faktor aman terhadap geser dan guling pada lereng dengan menggunakan perangkat lunak (software) analysis, (3) Menentukan jenis pengaman lereng yang sesuai dengan kondisi lereng. Hasil dari analisis didapatkan bahwa pada kondisi lereng sebelum penanganan didapatkan angka faktor aman dengan metode ordinary, bishop, dan morgenstern berturut-turut yaitu 0,730; 0,911; dan 0,950. Sedangkan setelah dilakukan penanganan dengan konstruksi sheetpile didapatkan angka faktor aman dengan metode ordinary, bishop, dan morgenstern berturut-turut yaitu 2,945; 3,633; dan No Solution. Dapat disimpulkan bahwa kondisi lereng setelah dilakukan penanganan menunjukkan peningkatan nilai faktor aman sebesar 500%.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Sipil
Depositing User: MR AMRIL MARUF SIREGAR
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:18
Last Modified: 18 Oct 2022 01:18
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/45755

Actions (login required)

View Item View Item