Nurhanurawati, Nurhanurawati and Widyastuti, Widyastuti (2021) DAMPAK SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 3 (2). pp. 51-58. ISSN 2657-1986

[img]
Preview
Text
Jumadika Nurhanurawati dkk.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX F sebanyak 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian kausal komparatif. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian instrumen angket self-efficacy dan tes kemampuan komunikasi matematis yang merupakan data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan  = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy yang cukup tinggi dan semakin tinggi self-efficacy siswa maka kemampuan komunikasi matematis siswa juga semakin tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah self-efficacy siswa memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dengan 63,1% variabilitas kemampuan komunikasi siswa dapat dijelaskan oleh self-efficacy.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: WIDYASTUTI
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:21
Last Modified: 20 Jun 2022 01:21
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/42619

Actions (login required)

View Item View Item