Anggraini, Wahyu and Nurhanurawati, Nurhanurawati and Caswita, Caswita (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN MODEL LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)–HEURUSTIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11 (1). pp. 58-68. ISSN 2442-5419
|
Text
4641-16333-1-PB.pdf Download (525kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual yang dikembangkan dengan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)–Heurustic untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang valid, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan menggunakan model penelitian menurut Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, desain pengembangan LKPD berbasis kontekstual dengan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)–Heurustic untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis memiliki kriteria valid. Kedua, rata-rata indeks gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan LKPD berbasis kontekstual dengan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)–Heurustic lebih tinggi dari rata-rata indeks gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang tidak menggunakan LKPD, sehingga LKPD berbasis kontekstual dengan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)–Heurustic efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Nurhanuraw NURHANURAWATI |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 05:15 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 05:15 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/42482 |
Actions (login required)
View Item |