Mohammad, Thobi and Riswanti, Rini and ULWAN SYAFARUDIN, Ulwan and Sofia, Ari and Rizky, Drupadi (2022) Pengetahuan Guru Pendidikan Anak Usia Dini tentang Metode Bercakap-Cakap pada Pembelajaran di PAUD. KINDERGARTEN (journal of islamic early childhood) education), 5 (1). pp. 145-155. ISSN 2621-0770
|
Text
KINDERGARTEN_Vol. 5, No.2 April 2022.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan guru PAUD tentang metode bercakap- cakap pada pembelajaran di PAUD. Populasi penelitian ini, yaitu seluruh guru TK di Kecamatan Labuhan Ratu dengan jumlah gurusebanyak 94 guru, sampel penelitian dihitung menggunakan rumus Slovin dengan hasil 48 guru, kemudian peneliti menggunakan teknik sampling area, sebagai teknik pengambilan sampel. Sebanyak 48 guru perwakilan dari masing-masing kelurahan yang ada di Kecamatan Labuhan Ratu, seperti Kelurahan Labuhan Ratu, Kelurahan Labuhan Ratu Raya, Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Kampung Baru Raya, Kelurahan Kota Sepang dan Kelurahan Sepang Jaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dan dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 34% guru berada pada tingkatan sangat paham, 39% guru berada pada tingakatan paham, 18% guru kurang paham dan 9% guru yang tidak paham metode bercakap-cakap. Data hasil penelitian ini, dapat digunakan oleh Pemerintah, khususnya dalam bidang pendidikan, sebagai bahan evaluasi mengenai penerapan metode pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD |
Depositing User: | ARI SOFIA |
Date Deposited: | 30 May 2022 01:45 |
Last Modified: | 30 May 2022 01:45 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/41947 |
Actions (login required)
View Item |