Sumarti, Sumarti (2014) Strategi Kesantunan Positif dalam Tindak Tutur direktif Guru. Seminar Nasional Prasasti (Pragmatik, Sastra dan Linguistik), - (-). pp. 241-248. ISSN 978-979-1533-87-4

This is the latest version of this item.

[img] Text (Reviewer)
R_Strategi Kesantunan Positif dalam Tindak Tutur Direktif Guru (1).pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Artikel)
ARTIKEL.pdf

Download (62kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.uns.ac.id/prosidingprasasti/article...

Abstract

Realisasi dan pemilihan strategi kesantunan positif tindak tutur direktif guru (STDG) dalam pembelajaran sangat penting karena berkaitan erat dengan emosi, khususnya respons warna afektif siswa (positif dan negatif) yang berpengaruh pada keefektifan pembelajaran. Dengan penggunaan strategi kesantunan positif, mengindikasikan bahwa guru telah memahami hakikat pendidikan, yakni memenuhi kebutuhan dasar siswa (defisiensi, yakni kebutuhan fisiologi, keselamatan, cinta, dan harga diri) sehingga siswa dapat tumbuh (mengetahui dan memahami, estetika, dan aktualisasi diri) secara optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-fenomenologis, yakni studi yang menggambarkan arti sebuah pengalaman hidup untuk beberapa orang tentang konsep atau fenomena. Fenomena yang menjadi fokus dalam penelitian ini ialah strategi kesantunan positif tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, teknik catat, sadap rekam, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kesantunan positif tindak tutur direktif guru adalah (1) menggunakan sapaan penanda sayang, (2) melibatkan penutur dan mitra tutur dalam kegiatan, (3) menggunakan penanda permintaan halus, (4) mengandung lelucon, (5) ada unsur pujian, (6) mempertimbangkan keinginan mitra tutur, dan (7) mengupayakan kesepakatan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: SUMARTI
Date Deposited: 10 May 2022 08:07
Last Modified: 10 May 2022 08:07
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/41557

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item