Flora, Flora and Bambang, Setiyadi and Patuan Raja, Patuan and Sukirlan, Muhammad (2021) Pelatihan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Melalui Learning Community bagi Guru-Guru Bahasa Inggris. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12 (1). pp. 52-58. ISSN 2087-3565

[img]
Preview
Text
6930-22205-1-PB (4).pdf

Download (485kB) | Preview
Official URL: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6930 0

Abstract

Lembar kerja peserta didik (LKPD) sangat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Namun, berdasarkan informasi yang diperoleh pada pertemuan MGMP Bahasa Inggris, sebagian besar guru belum pernah membuat LKPD. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam merancang LKPD yang baik. Pengabdian yang dilakukan selama 3 hari, dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: (1) penjelasan LKPD beserta contoh, (2) learning community, dimana peserta bekerja dalam kelompok kecil untuk membuta LKPD yang sesuai dengan tujuan pempelajaran yang diberikan tutor, (3) presentasi wakil masing-masing kelompok, dan (4) tugas individu. Hasil pelatihan menunjukan bahwa 6 orang (14%) mampu merancang LKPD dengan kategori sangat baik, 30 orang (72%) dengan katagori baik, dan 6 orang (14%) dengan katagori cukup baik. Peserta pelatihan mampu merancang LKPD yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirancang karena mereka mengalami proses pelatihan dengan saling berdiskusi berdasarkan penjelasan dan contoh yang diberikan. Keterlibatan langsung, yakni dengan langsung terlibat merancang LKPD dalam kelompok kecil, para peserta memperoleh masukan dari temannya. Selanjutnya presentasi masing-masing kelompok, membuat peserta lebih memperoleh pemahaman yang mendalam karena peserta memperoleh masukan dari temannya dan juga tutor.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris
Depositing User: PATUAN RAJ
Date Deposited: 09 May 2022 01:27
Last Modified: 09 May 2022 01:27
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/41504

Actions (login required)

View Item View Item