Lisiswanti, Rika and Tritama, Topaz Kautsar (2017) Penilaian kemampuan clinical reasoning mahasiswa mahasiswa kedokteran menggunakan clinical performance examination dan objective structured clinical Examination. Jurnal Agromedicine, 4 (1). pp. 185-189. ISSN 2346-332x

[img]
Preview
Text
1571-2283-1-PB.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: http://juke.kedokteran.unila.ac.id

Abstract

Kemampuan penalaran klinis/clinical reasoning dalam pendidikan kedokteran adalah kemampuan mahasiswa untuk mengintegrasikan pengetahuan teoritis dan pengetahuan klinisnya pada pasien untuk membentuk representasi masalah dari suatu kasus secara analitis dan kemudian memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Kemampuan ini sangat penting bagi mahasiswa kedokteran yang merupakan salah satu kemampuan yang harus dipunyai sebagai seorang dokter. Kemampuan penalaran ini dalam pendidikan dapat dinilai dengan berbagai macam cara penilaian yang disesuaikan dengan institusi pendidikan kedokteran. Artikel ini membahas tentang cara penilaian kemampuan penalaran klinis mahasiswa kedokteran melalui ujian pemeriksaan klinis dalam bentuk Clinical Performance Examination (CPX) dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE), merupakan bentuk pemeriksaan kinerja klinis yang dapat digunakan untuk mengevaluasi penalaran klinis. Dengan pendekatan menggunakan metode ujian pemeriksaan klinis, dapat dilakukan evaluasi terhadap kemampuan penalaran klinis mahasiswa kedokteran, dengan melakukan pendekatan sistematik terhadap tanda dan gejala yang didapatkan dari pasien. Kata kunci: clinical performance examination, mahasiswa kedokteran, objective structured clinical examination, penalaran klinis

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter
Depositing User: dr., MMedE Rika Lisiswanti
Date Deposited: 05 Nov 2017 02:55
Last Modified: 05 Nov 2017 02:55
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/4053

Actions (login required)

View Item View Item