Valensy Rachmedita, Valensy Rachmedita (2021) Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah), 10 (2). pp. 34-43. ISSN 2745-8717

This is the latest version of this item.

[img] Text (Artikel)
jurnal pesagi valensy.pdf

Download (318kB)
[img]
Preview
Text (Reviewer)
R2.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/artic...

Abstract

Pandemi covid 19 melanda hampir seluruh negara didunia tidak terkecuali Indonesia. Pandemi covid 19 memberikan dampak yang cukup besar bagi kehidupan kita terutama dalam bidang ekonomi dan pendidikan. Pada bidang pendidikan mengharuskan merubah bentuk kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan tatap muka namun sekarang harus dilaksanakan secara daring. Hal ini membuat pendidik dan peserta didik harus siap mengikuti perubahan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah terhadap pembelajaran daring. Sedangkan Jenis Penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber primer didapatkan dari kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa pendidikan sejarah. Berdasarkan hasil penelitian bahwa mahasiswa program Studi Pendidikan Sejarah memiliki persepsi yang positif terhadap pembelajaran daring. Hal itu dapat dilihat dari kepuasan mahasiswa mengikuti pembelajaran daring sebesar 82,1% mahasiswa merasa cukup puas terhadap pembelajaran daring, pemahaman materi yang disampaikan dosen pada saat pembelajaran daring sebesar 94,6% mahasiswa merasa cukup paham materi yang disampaikan oleh dosen, jika dilihat dari pemberian tugas oleh dosen sebesar 94,6 % mahasiswa dapat mengerjakan tugas dengan baik, serta penguasaan teknologi pada saat pembelajaran daring sebesar 78,6%. Namun masih terdapat hambatan yang dirasakan mahasiswa, yakni buruknya sinyal internet sehingga mahasiswa terkadang kesulitan dalam mengikuti perkuliahan. Kata Kunci : Persepsi, Pembelajaran Daring, Covid 19

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: Valensy Rachmedita, S. Pd, M.Pd.
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:16
Last Modified: 24 Feb 2022 08:16
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/39793

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item