Prasetya, Ari Yudha and Dewi, Bainah Sari and Rumahorbo, Astry Sri Rezeki and Rahmadi, Ary (2017) Kelembagaan Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dalam Pengeolaan Hutan bersama Masyarakat (Studi Kasus BKPH Bantar Kawung KPH Pekalongan Barat Perum Perhutani Divisi regional Jawa Tengah). In: Seminar Nasional FKT 2017, 17 November 2017, UGM Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kelembagaan Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Dalam Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (Studi Kasus Di Bkph Bantar Kawung Kph Pekalongan Barat Perut Perhutani Divisi Regional Jawa Ten (1).pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) merupakan lembaga yang dibentuk pemerintah desa untuk menjembatani masyarakat desa hutan dalam kerjasama dengan Perum Perhutani agar tercapainya berkelanjutan fungsi hutan dan manfaat hutan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa hutan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui peran LMDH dalam pengelolaan hutan bersama masyarakat; (2) Mengidentifikasi LMDH yang ada di BKPH Bantar Kawung. Penelitian dilaksanakan pada Juli - Agustus 2017 yang berlokasi di BKPH Bantar Kawung, KPH Pekalongan Barat, perum Perhutani divisi Regional Jawa pengeolaan hutan bersama masyarakat melalui kegiatan; (a) Usaha keripik singkong; (b) Simpan pinjam; (c) Usaha berdagangan dan obat-obatan; (d) Angkutan hasil tebangan, getah, pembuatan persemaian; (2) Pada BKPH di Bantar Kawung tedapat 18 LMDH aktif. Penguatan kelembagaan LMDH oleh Perum Perhutani sangat diperlukan untuk kelestarian hutan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat desa hutan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Kehutanan
Depositing User: Dr.Hj. Bainah Sari Dewi s.Hut., M.P.
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:08
Last Modified: 21 Feb 2022 01:08
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/39599

Actions (login required)

View Item View Item