Khairani, Fadhilah and Wulandari Utamining Tias, Ika and Destini, Frida (2021) Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Perkuliahan E-Learning pada Mata Kuliah Landasan Kependidikan. Jurnal Basicedu Journal of Elementary Education, 5 (6). pp. 5530-5541. ISSN 2580-1147

This is the latest version of this item.

[img] Text
1582-6631-1-PB-Basicedu.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
Text (REVIEWER)
PENELITIAN FIX.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/index

Abstract

Pembelajaran daring dianggap sebagai alternatif di masa pandemi Covid-19 dan sebuah terobosan dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran secara daring dinilai lebih fleksibel, efisien, dan praktis dalam hal menyebarkan konten pembelajaran, serta dalam segi waktu. Namun dalam pelaksanaannya, pembelajaran daring tidak mudah dilakukan. Berbagai kendala dialami oleh mahasiswa dan dosen. Salah satu cara yang dapat dilakukan dosen agar pelaksanan pembelajaran daring optimal adalah dengan melakukan inovasi pada konten perkuliahan e-learning, contohnya dengan mengembangkan multimedia interaktif. Sebelum melakukan pengembangan, diperlukan analisis kebutuhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan berupa angket (kuesioner). Angket diberikan kepada 150 mahasiswa dan 4 Dosen. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan pengembangan media pembelajaran berupa multimedia interaktif yang dapat diakses melalui perangkat handphone dan laptop/komputer. Format media pembelajaran interaktif yang diinginkan berupa penggabungan antara teks, grafik, video, animasi dan suara, serta memungkinkan pemakai melakukan navigasi dan adanya simulasi atau latihan soal yang tampilannya menarik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: Fadhilah Khairani
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:17
Last Modified: 17 Feb 2022 01:17
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/39421

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item