izzatika, amrina and wulandari utamining tias, ika (2021) Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI di SD Negeri 1 Bakauheni. Pedagogi: jurnal pendidikan dasar, 9 (1). pp. 39-51. ISSN 2807-1735

This is the latest version of this item.

[img] Text
23438-57049-2-PB (1).pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
Text (reviewer)
11-0001058905-20220125115232.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/inde...

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah lingkungan tempat tinggal yang kurang mendukung dan motivasi belajar peserta didik yang rendah sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil empiris tentang pengaruh lingkungan tempat tinggal dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 1 Bakauheni. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode ex- post-facto. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling, dengan subjek penelitian peserta didik kelas VI. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi hasil nilai. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Lingkungan tempat tinggal tidak ada pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI di SD Negeri 1 Bakauheni, 2. Motivasi belajar ada pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 1 Bakauheni.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Amrina Izzatika
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:17
Last Modified: 17 Feb 2022 01:17
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/39420

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item